--> Skip to main content

Makna Dari Gpt Partition Atau Guid Di Windows

Apa itu gpt partition atau guid di windows – ketika anda telah membeli komputer ataupun laptop baru, hal dasar yang dilakukan adalah mengatur paritisi. Dari sinilah anda bisa menginstall OS serta menyimpan data penting anda. Sehingga pengaturan partisi dengan baik dan benar memang sangat diperlukan. Terdapat dua jenis tipe partisi yakni MBR dan GPT.
Makna Dari Gpt Partition Atau Guid Di Windows

Apa itu GPT Partition??
Adalah standar bagi layout dari sebuah tabel partisi dalam hardisk, dengan memakai Globally Unique Identifier. Sedangkan MBR ataupun Master Boot Record serta MBR disk yang telah memiliki berbagai macam sektor berisi tentang data booting. Pada sektor pertama berisi tentang informasi disk serta partisi bagi OS yang dipergunakan. Tetapi disk MBR mempunyai keterbatasan serta banyak komputer model terbaru yang sedang bergerak ke arah GPT disk.
Apa makna dari GPT Partition atau GUID di Windows??
1.Batasan MBR Disk
alasan munculnya GPT disk adalah karena keterbatasan dari MBR. Pada format disk MBR bisa memberikan anda sebanyak 4 partisi primary serta dapat mengatur data hingga 2TB. Jika jumlah file semakin besar, maka akan semakin lambat GPT (atau GUID Partition Table) dari disk dan sekarang telah digunakan oleh komputer model baru bahkan bisa menampung 2TB lebih.
Makna Dari Gpt Partition Atau Guid Di Windows

Selain itu, MBR disk juga telah membuat cadangan dalam sektor pertama pada disk untuk menyimpan banyak informasi terkait partisi disk atau letak file system OS. Atau bisa dikatakan firmware dengan system operasi ini bergantung pada sektor yang pertama untuk dapat bekerja secara baik. bila MBR corrupt, anda mungkin akan kehilangan akses pada data dari disk.
Pada suatu kasus yang berasal dari GPT disk, beberapa informasi disk diserupai lebih dari sekali. Meskipun begitu, disk tersebut masih dapat bekerja, selain itu juga dapat bekerja meskipun sektor pertama rusak. Dan sebuah disk GPT dapat memiliki sampai 128 partisi primary.
Pada system operasi lama mungkin juga tidak dapat mendukung GPT disk, akan tetapi, hampir seluruh sistem operasi pada Windows XP 64-bit hingga Windows 8.1 sudah mendukung GPT disk. Demikian artikel terkait Apa itu gpt partition atau guid di windows. Semoga bermanfaat bagi anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar